Berbagi Praktik Baik,
Proses Pembelajaran

"Berbagi praktik baik dalam proses pembelajaran dengan menyampaikan dan membagikan metode, pendekatan, strategi, atau teknik yang telah terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif, responsif, dan inklusif, sehingga membantu siswa mencapai potensi belajar mereka secara optimal.
#PraktikBaik #SupervisiΒ  #Smkmuhieda

Supervisi Akademik

Supervisi akademik diartikan sebagai suatu mekanisme serangkaian kegiatan untuk membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya dalam mengelola proses pembelajaran yang dilaksanakan.
Adapaun tujuannya agar guru tersebut dapat melaksanakan pembelajaran dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang dicanangkan.

Siapa yangΒ  melakukan?

Supervisi akademik di sekolah dilakukan oleh kepala sekolah dengan jadwal yang telah ditentukan. Supervisi akademik bukan untuk melakukan penilaian kinerja guru semata. Namun, lebih kepada upaya Kepala Sekolah dalam membantu guru mengembangkan kemampuannya. Semakin memeroleh umpan balik dari Kepala Sekolah, maka guru tersebut akan semakin profesional.

Tujuan utama
Instrumen

Masing-masing jenis instrumen tersebut dapat dibuat dan disesuaikan dengan dokumen perangkat pembelajaran guru, proses pembelajaran hingga evaluasi serta refleksi dan tindak lanjut pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

Program Supervisi Akademik

Dokumen Supervisi AkademikΒ  Semester Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024

Supervisi akademik dan peran kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi diri dan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah.Β 

Dokumen

Dokumen Supervisi

Intrumen

Instrumen Supervisi

Dokumen Administrasi Digital

Dokumen Administrasi Guru

Dokumen Mutu Guru Semester Gasal Tahun Pelajaran 2023/2024

INPUT DATA INSTRUMEN SUPERVISI

(Khusus Supervisor)

Supervisi akademik,
dengan Paradigma Coaching

"Supervisi akademik dengan paradigma berpikir coaching menambah dimensi pertumbuhan dan pengembangan diri dalam proses supervisi. Melalui percakapan coaching, guru dapat merenung lebih dalam, menggali potensi, dan memotivasi diri sebagai pembelajar yang berkelanjutan."
#PraktikBaik #SupervisiΒ  #Smkmuhieda

Instrumen Supervisi dengan coaching

Alur T.I.R.T.A dengan R.A.S.A

TIRTA dikembangkan dari satu model umum coaching yang dikenal sangat luas dan telah banyak diaplikasikan, yaitu GROW model. GROW adalah kepanjangan dari Goal, Reality, Options dan Will.

Siklus I - Pra Observasi

Pertemuan pra-observasi ini merupakan percakapan yang membangun hubungan antara guru dan supervisor sebagai mitra dalam pengembangan kompetensi diri

Percakapan pra-observasi berlangsung singkat sekitar 15 sampai 20 menit. Dengan menggunakan percakapan coaching untuk perencanaan, supervisor dapat mencatat apa yang menjadi sasaran pengembangan guru dan menginformasikan kepada guru prosedur supervisi klinis ini.

Siklus II - Observasi

Aktivitas kunjungan kelas yang dilakukan oleh supervisor

Tujuan utama tahap ini adalah mengambil data atau informasi secara obyektif mengenai aspek pengembangan yang sudah disepakati. Motif pelaksanaan observasi kelas ini harus berawal dari kebutuhan pembelajaran murid dan kebutuhan pengembangan potensi guru serta pemahaman bahwa observasi ini dilakukan supervisor bersama-sama dengan guru.

Siklus III - Pasca Observasi

Percakapan pasca-observasiΒ  berisikan aktivitas berikut:

"Setiap anak itu beda, setiap anak itu unik, perbedaan dan keunikan itulah yang akan menjadi keunggulan mereka kini dan kelak"

Β© Copryight Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi. All Rights Reserved.

FacebookYouTubeInstagram